الاثنين، 24 ديسمبر، 2012

makalah tentang pengkabelan



MAKALAH TENTANG PENGKABELAN









Di susun
 Oleh :
Nama :
*   HENDRA 11.TK.066
*   MUZAKKI 11.TK.139
*   AISYA ASHARI 11.TK.051
*   AKLIMAWATI 11.TK.001
*   SAIFUL ANWAR 11.TK.148
AKADEMIK MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER
MATARAM 2012/2013



KATA PENGANTAR
Alhamdulillah segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT , yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayahnya kepada Kita semua.Sehingga saya sebagai Penulis berhasil menyelesaikan Tugas PPDE yang kelima kalinya.dengan Judul “ PENGKABELAN”.
Dalam hal ini saya sangat berterimakasih kepada Dosen Mata Kuliah , yang telah membimbing kita sehingga kita dapat Berpengetahuan mengenai Komputer Komputer dan Komputer.Selanjutnya , Saya berterima kasih kepada Kedua Orang Tua saya yang telah Mendukung Kegiatan saya.dan , Teman Temanku yang sama Program Studinya.
Mahaiswa adalah merupakan Kalangan Generasi muda , yang merupakan tumpuan Generasi Tua. Yang Penuh Energi , Ektis dan Peka terhadap masalah.Oleh karna Keenergikan dan Keektesisannya wajar kalau manusia dikatakan sebagai “HUMAN OF ANALISIS TECHNOLOGI”.
Sebagai Manusia biasa sudah barang tentu tidak Terlepas dari kesalahan dan Kekurangan.Oleh karna itu,tanpa adanya bimbingan dari Dosen Mata kuliah , Keluarga , dan Teman teman tak mungkin Penulis dapat menyelesaikan Tugas dengan Baik.
Demikianlah dalam penyusunan Makalah ini , tentunya maasih banyak Kekurangan disana sini.oleh karna itu kritik dan saran selalu penulis Harapkan.Demi perbaikan dimasa akan Datang.
Akhirnya hanya kepada Allah SWT kami berharap semoga Segala Amal baik Simpatisan akan mendapatkan Pahala dari Allah SWT.Dan semoga Makalah ini dapat Membawa Manfaat bagi Penulis khususnya , dan Pembaca pada Umumnya.



PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
Sebagai Bangsa yang modern tentu Mempunyai tekat untuk memajukan dunia teknologi.dan Sebagai bangsa yang Modern tentu mempunyai tekad untuk mencapai tujuan yang pada pokoknya.adlah mewujudkan masyarakat yang adil dn makmur.serta sejahtera,baik secara lahir maupun secara batin yang berdasarkan Pancasila.
Sebagai Realisasi masyarakat modern telah mewujudkan beberapa alat Elektonik.Misalnya Handphone,Komputer,Televisi,Laptop yang baru baru ini Muncul dikalangan masyarakat Awam,Radio,dll.
Pada Makalah kali ini kita akan membahas tentang “PENGKABELAN”.
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.
  1. Metode dan Teknik penulisan
Untuk memperoleh data yang akurat serta Representatif perlu diupayakan adanya perumusan metode penulisan yang akan digunakan.Dalam penulisan ini,saya sebagai penulis Menggunakan metode sebagai berikut.
  • Metode Browsing yang berupa “PENGKABELAN”,seperti : Internet.


















DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................................................................................... 2
PENDAHULUAN ........................................................................................            4
DAFTAR ISI .................................................................................................. 6
BAB 1 7
PENGKABELAN.......................................................................................... 8
  • PENGERTIAN.................................................................................. 8
  • Cable UTP  ......................................................................................... 9
  • PERBEDAAN KABEL JENIS CROSS DAN STRAIGHT......... 10
  • Membuat kabel Straight dan Cross Over........................................ 11
BAB 2  ............................................................................................................ 12
JARINGAN INTERNET............................................................................. 13
  • Pengertian   ......................................................................................... 14
  • E-Mail                                                                                                            15
  • Mailing List 16
  • Chatting  ............................................................................................. 17
  • FTP   ................................................................................................... 18
  • World Wide Web  19
  • JEJARING SOCIAL......................................................................... 21
    • SITUS JEJARING................................................................ 22
KESIMPULAN..............................................................................................           23



BAB I
PENGKABELAN
  • PENGERTIAN PENGKABELAN
Apa itu Jaringan Kabel?
Kabel medium melalui mana informasi biasanya bergerak dari satu perangkat jaringan ke yang lain. Ada beberapa jenis kabel yang umum digunakan dengan LAN. Dalam beberapa kasus, jaringan akan menggunakan hanya satu jenis kabel, jaringan lain akan menggunakan berbagai jenis kabel. Jenis kabel dipilih untuk jaringan berhubungan dengan jaringan topologi, protokol, dan ukuran. Memahami karakteristik berbagai jenis kabel dan bagaimana mereka berhubungan dengan aspek-aspek lain dari suatu jaringan diperlukan untuk pengembangan jaringan yang sukses.
Bagian berikut membahas jenis kabel yang digunakan dalam jaringan dan topik terkait lainnya.
Cable Unshielded Twisted Pair (UTP)
kabel twisted pair datang dalam dua varietas: terlindung dan unshielded.. Unshielded twisted pair (UTP) adalah yang paling populer dan umumnya pilihan terbaik untuk jaringan sekolah (Lihat gbr. 1).
 




Fig.1. Gambar 1. Unshielded twisted pair Unshielded twisted pair
Kualitas UTP dapat bervariasi dari kelas kawat telepon untuk kabel berkecepatan sangat tinggi. Kabel ini memiliki empat pasang kawat di dalam jaket. Setiap pasangan twisted dengan nomor yang berbeda liku per inci untuk membantu menghilangkan gangguan dari pasangan yang berdekatan dan perangkat listrik lain. Semakin ketat memutar, semakin tinggi didukung transmisi rate dan semakin besar biaya per kaki /. The EIA TIA (Electronic Industry Association / Telecommunication Industry Association) telah menetapkan standar UTP dan peringkat enam kategori kawat (kategori tambahan yang muncul).
Kategori Unshielded Twisted Pair

Kategori
Kecepatan
Gunakan
1
1 Mbps
Hanya suara (Wire Telepon)
2
4 Mbps
LocalTalk & Telepon (Jarang digunakan)
3
16 Mbps
10BaseT Ethernet
4
20 Mbps
Token Ring (Jarang digunakan)
5
100 Mbps(2 Pasang)
1000 Mbps(4 Pasang)
100BaseT Ethernet
Gigabit Ethernet Gigabit Ethernet
5e
1.000 Mbps
Gigabit Ethernet
6
10.000 Mbps
Gigabit Ethernet

Konektor Unshielded Twisted Pair
Konektor standar untuk unshielded twisted pair adalah konektor RJ-45). Ini adalah plastik konektor yang terlihat seperti gaya besar telepon-konektor (Lihat gbr. 2. A slot allows the RJ-45 to be inserted only one way. slot A memungkinkan RJ-45 yang akan dimasukkan hanya satu cara. RJ singkatan dari Registered Jack, menyiratkan bahwa konektor mengikuti standar yang dipinjam dari industri telepon. Standar ini menetapkan yang kawat berjalan dengan masing-masing pin dalam konektor.




Fig. Gambar. 2. 2. RJ-45 connector Konektor RJ-45
PERBEDAAN KABEL JENIS CROSS DAN STRAIGHT
1.Kabel Straight

Kabel Straight digunakan pada saat ingin menghubungkan antara computer dan hub ataupun sebaliknya.Dengan kata lain metode ini digunakan ketika kita akan menghubungkan 2 komputer ataupun lebih,tapi melalui perantara seperti hub ataupun switch.Sebenarnya susunan kabel straight tidak harus persis seperti dibawah ini, susunanya warna
2.Kabel Cross

Kabel cross digunakan pada saat kita mau menyambungkan computer ke computer laen,atau kabel ini ini digunakan kalau kita mau menghubungkan 2 komputer atau hub ke hub, dengan kata lain kabel cross di gunakan untuk menyambungkan dua perangkat jaringan yang sama.perbedaan kabel cross dari kabel straight cuma terletak dari kabel nomer 1 dan 3 dan 2 dan 6, kita tinggal menukar saja kedua kabel itu.
Cara cepat menghapalnya adalah cukup mengingat OBIC yang artinya Orange, Biru, Ijo, Coklat. Tetapi anda harus menambahkannya dengan warna putih sebelum OBIC di urutkan. Khusus warna biru anda harus merubahnya dengan warna putih hijau bukan putih biru.
Sedangkan untuk kabel Cross anda cukup mengubah urutan 1 pindah ke 3, urutan 2 pindah ke 6 atau dengan kata lain 1-3, 2-6 dari urutan kabel straight. Untuk kabel Cross Ujung A urutannya kabel Straight dan Ujung B dirubah jadi 1-3, 2-6.



UTP STRAIGHT
UTP CROSS
PIN 1
Putih Orange
Putih Hijau
PIN 2
Orange
Hijau
PIN 3
Putih Hijau
Putih orange
Pin 4
Biru
Biru
Pin 5
Putih Biru
Putih Biru
Pin 6
Hijau
Orange
Pin 7
Putih Coklat
Putih Coklat
Pin 8
Coklat
Coklat
 



UTP Straight                                                                        
Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut :
  1. Menghubungkan antara computer dengan switch
  2. Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
  3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
  4. Menghubungkan switch ke router
  5. Menghubungkan hub ke router
 



UTP Cross
Kabel cross over
Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan
ujung dua. Kabel cross over  digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalah
susunan standar kabel cross over.





Contoh penggunaan kabel cross over adalah sebagai berikut :
  1. Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  2. Menghubungkan 2 buah switch
  3. Menghubungkan 2 buah hub
  4. Menghubungkan switch dengan hub
  5. Menghubungkan komputer dengan router
Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6.

Membuat kabel Straight dan Cross Over
Untuk membuat sebuah kabel jaringan menggunakan kabel UTP ini terdapat beberapa peralatan yang perlu kita siapkan, yaitu kabel UTP,  Connector RJ-45, Crimping tools dan RJ-45 LAN Tester, contoh gambarnya seperti dibawah ini:

Praktek membuat kabel Straight
  1. Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm
  2. Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
  3. Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
  4. Masukan kabel  yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
  5. Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada  konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel.
  6. Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
  7. Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
  8. Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).



Straight Dan Cross – Nampaknya isitilah Straight Dan Cross ini sudah tidak asing lagi bagi para praktisi jaringan yang selalu berhubungan dengan kabel RJ dan LAN,Namun masih ada beberapa yang belum mengerti apa itu arti dari Straight Dan Cross pada jaringan..
Mari kita pelajari apa itu Straight Dan Cross pada jaringan, berikut saya akan menjelaskan perbedaan – perbedaan pada Straight Dan Cross.
Kabel Straight
Kabel straight adalah istilah untuk kabel yang menggunakan standar yang sama pada kedua ujung kabelnya, bisa EIA/TIA 568A atau EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabel. Sederhananya, urutan warna pada kedua ujung kabel sama. Pada kabel straight, pin 1 di salah satu ujung kabel terhubung ke pin 1 pada ujung lainnya, pin 2 terhubung ke pin 2 di ujung lainnya, dan seterusnya.
Jadi, ketika PC mengirim data pada pin 1 dan 2 lewat kabel straight ke Switch, Switch menerima data pada pin 1 dan 2. Nah, karena pin 1 dan 2 pada switch tidak akan digunakan untuk mengirim data sebagaimana halnya pin 1 dan 2 pada PC, maka Switch
menggunakan pin 3 dan 6 untuk mengirim data ke PC, karena PC menerima data pada pin 3 dan
Kabel crossover
Kabel crossover menggunakan EIA/TIA 568A pada salah satu ujung kabelnya dan EIA/TIA 568B pada ujung kabel lainnya.
Untuk mengenali sebuah kabel apakah crossover ataupun straight adalah dengan hanya melihat salah satu ujung kabel. Jika urutan warna kabel pada pin 1 adalah Putih Hijau, maka kabel tersebut adalah kabel crossover (padahal jika ujung yang satunya lagi juga memiliki urutan warna yang sama yaitu Putih Hijau sebagai pin 1, maka kabel tersebut adalah kabel Straight). Tapi untungnya, kebanyakan kabel menggunakan standar EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabelnya.













BAB II
Langkah setting kabel lan untuk mengkoneksikan / menghubungkan pc ke pc atau menghubungkan 2 komputer tanpa menggunakan hub:

1. Siapkan kabel lan yang panjangnya secukupnya untuk share pc to pc, Tang Crimping, RJ45
2. Potong kulit kabel hingga keliatan seluruh warna
3. Lalu atur warna dengan model Cross : ( PutihOrange Orange PutihHijau Biru PutihBiru Hijau PutihCokelat Cokelat ) – ( PutihHijau Hijau PutihOrange Biru PuihBiru Orange PutihCokelat Cokelat )
4. Lalu ratakan seluruh sisi setelah disusun
, Jepit kabel dengan kepala RJ45
Setelah kabel sudah siap maka, atur Operating System (Penulis memakai Windows Sp2 Bajakan). Langkah untuk setting windowsnya :

1. Pilih Control Panel - Network Connections -; Set up home or small office network
2. Terbuka windows, Trus pilih Next2 aja, anda tinggal atur Workgoup ( Nama Workgroup harus sama di pc yang akan saling berhubungan ). Settingan lain seperti nama komputer ( bebas ), printer akan dishare atau tidak.
3. Atur IP kedua komputer, Pilih Control Panel -; Network Connections - Local Area Network (yang terkonkesi) Klik kanan di Local Area Network pilih Status - Properties -; Internet Protocol (TCP/IP) - Properties. anda diusahakan menggunakan IP pada kelas yang sama. Cth : IP PC 1 : 192.168.0.1 Subnetmask : 255.255.255.0 – IP PC 2 : 192.168.0.2 Subnetmask : 255.255.255.0
4. Agar Windows XP bisa melakasanakan perubahan tadi, maka anda harus Restart Windows XP
Setting Alamat IP (IP Address)
Buka menu Control Panel Windows anda (Start > Control Panel). Lalu pilih icon Network Connections. Setelah itu pilih Local Area Connection (klik-kanan > Properties). Lalu pilih Internet Protocol (TCP/IP), dan tekan tombol Properties.

Di bagian IP Address, masukkan: 192.168.1.1. Lalu tekan TAB, otomatis Subnet Mask akan berisi 255.255.255.0. Sedangkan untuk komputer pasangannya, berikan IP Address 192.168.1.2. IP Address yang berada dalam range 192.168.0.0 – 192.168.255.255 umum digunakan dalam private network atau Local Area Network (LAN). Jadi, anda bisa saja memberikan alamat 192.168.2.1 dan 192.168.2.10 pada dua komputer yang anda hubungkan. Asalkan masih dalam satu segmen, maka masih bisa saling mengenal. Untuk mengetahui apakah komputer berada dalam satu segmen – bisa dilihat dari 3 angka awal diantara titik (192.168.2). Sehingga anda tidak boleh memberikan alamat yang berbeda segmen, misal 192.168.1.1 dengan 192.168.2.2. Pada jaringan yang besar, dimana terdapat beberapa segmen jaringan, dibutuhkan sebuah router untuk menjembatani antar segmen sehingga bisa saling berhubungan.
Berbagi file (File sharing)
Misalkan komputer dengan nama (hostname) SBY dan IP Address 192.168.1.1 memiliki sebuah folder bernama DATA yang berisi kumpulan MP3 dan dokumen Word dan Excel, hendak dibagi pakai dengan komputer BOEDIONO (IP Address 192.168.1.2), maka langkah-langkahnya adalah:
  1. Di komputer SBY, masuk ke My Computer atau Windows Explorer
  2. Cari folder bernama DATA, lalu klik kanan di folder tersebut
  3. Pilih Sharing and Security
  4. Jika muncul kotak dialog Network sharing and security, maka klik tulisan “If you understand the security risks… bla.. bla.. bla..” lalu pilih “Just enable file sharing”
  5. Klik “Share this folder on the network”
  6. Beri nama (share name), misal: DATA
  7. Klik tombol OK. Selesai.














KESIMPULAN
  • BAB 1 (PENGKABELAN)
Kabel medium melalui mana informasi biasanya bergerak dari satu perangkat jaringan ke yang lain. Ada beberapa jenis kabel yang umum digunakan dengan LAN. Dalam beberapa kasus, jaringan akan menggunakan hanya satu jenis kabel, jaringan lain akan menggunakan berbagai jenis kabel. Jenis kabel dipilih untuk jaringan berhubungan dengan jaringan topologi, protokol, dan ukuran. Memahami karakteristik berbagai jenis kabel dan bagaimana mereka berhubungan dengan aspek-aspek lain dari suatu jaringan diperlukan untuk pengembangan jaringan yang sukses.
  • BAB 2 (JARINGAN INTERNET)
Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia.




MAKALAH TENTANG PENGKABELAN









Di susun
 Oleh :
Nama :
*   HENDRA 11.TK.066
*   MUZAKKI 11.TK.139
*   AISYA ASHARI 11.TK.051
*   AKLIMAWATI 11.TK.001
*   SAIFUL ANWAR 11.TK.148
AKADEMIK MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER
MATARAM 2012/2013



KATA PENGANTAR
Alhamdulillah segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT , yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayahnya kepada Kita semua.Sehingga saya sebagai Penulis berhasil menyelesaikan Tugas PPDE yang kelima kalinya.dengan Judul “ PENGKABELAN”.
Dalam hal ini saya sangat berterimakasih kepada Dosen Mata Kuliah , yang telah membimbing kita sehingga kita dapat Berpengetahuan mengenai Komputer Komputer dan Komputer.Selanjutnya , Saya berterima kasih kepada Kedua Orang Tua saya yang telah Mendukung Kegiatan saya.dan , Teman Temanku yang sama Program Studinya.
Mahaiswa adalah merupakan Kalangan Generasi muda , yang merupakan tumpuan Generasi Tua. Yang Penuh Energi , Ektis dan Peka terhadap masalah.Oleh karna Keenergikan dan Keektesisannya wajar kalau manusia dikatakan sebagai “HUMAN OF ANALISIS TECHNOLOGI”.
Sebagai Manusia biasa sudah barang tentu tidak Terlepas dari kesalahan dan Kekurangan.Oleh karna itu,tanpa adanya bimbingan dari Dosen Mata kuliah , Keluarga , dan Teman teman tak mungkin Penulis dapat menyelesaikan Tugas dengan Baik.
Demikianlah dalam penyusunan Makalah ini , tentunya maasih banyak Kekurangan disana sini.oleh karna itu kritik dan saran selalu penulis Harapkan.Demi perbaikan dimasa akan Datang.
Akhirnya hanya kepada Allah SWT kami berharap semoga Segala Amal baik Simpatisan akan mendapatkan Pahala dari Allah SWT.Dan semoga Makalah ini dapat Membawa Manfaat bagi Penulis khususnya , dan Pembaca pada Umumnya.



PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
Sebagai Bangsa yang modern tentu Mempunyai tekat untuk memajukan dunia teknologi.dan Sebagai bangsa yang Modern tentu mempunyai tekad untuk mencapai tujuan yang pada pokoknya.adlah mewujudkan masyarakat yang adil dn makmur.serta sejahtera,baik secara lahir maupun secara batin yang berdasarkan Pancasila.
Sebagai Realisasi masyarakat modern telah mewujudkan beberapa alat Elektonik.Misalnya Handphone,Komputer,Televisi,Laptop yang baru baru ini Muncul dikalangan masyarakat Awam,Radio,dll.
Pada Makalah kali ini kita akan membahas tentang “PENGKABELAN”.
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.
  1. Metode dan Teknik penulisan
Untuk memperoleh data yang akurat serta Representatif perlu diupayakan adanya perumusan metode penulisan yang akan digunakan.Dalam penulisan ini,saya sebagai penulis Menggunakan metode sebagai berikut.
  • Metode Browsing yang berupa “PENGKABELAN”,seperti : Internet.


















DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................................................................................... 2
PENDAHULUAN ........................................................................................            4
DAFTAR ISI .................................................................................................. 6
BAB 1 7
PENGKABELAN.......................................................................................... 8
  • PENGERTIAN.................................................................................. 8
  • Cable UTP  ......................................................................................... 9
  • PERBEDAAN KABEL JENIS CROSS DAN STRAIGHT......... 10
  • Membuat kabel Straight dan Cross Over........................................ 11
BAB 2  ............................................................................................................ 12
JARINGAN INTERNET............................................................................. 13
  • Pengertian   ......................................................................................... 14
  • E-Mail                                                                                                            15
  • Mailing List 16
  • Chatting  ............................................................................................. 17
  • FTP   ................................................................................................... 18
  • World Wide Web  19
  • JEJARING SOCIAL......................................................................... 21
    • SITUS JEJARING................................................................ 22
KESIMPULAN..............................................................................................           23



BAB I
PENGKABELAN
  • PENGERTIAN PENGKABELAN
Apa itu Jaringan Kabel?
Kabel medium melalui mana informasi biasanya bergerak dari satu perangkat jaringan ke yang lain. Ada beberapa jenis kabel yang umum digunakan dengan LAN. Dalam beberapa kasus, jaringan akan menggunakan hanya satu jenis kabel, jaringan lain akan menggunakan berbagai jenis kabel. Jenis kabel dipilih untuk jaringan berhubungan dengan jaringan topologi, protokol, dan ukuran. Memahami karakteristik berbagai jenis kabel dan bagaimana mereka berhubungan dengan aspek-aspek lain dari suatu jaringan diperlukan untuk pengembangan jaringan yang sukses.
Bagian berikut membahas jenis kabel yang digunakan dalam jaringan dan topik terkait lainnya.
Cable Unshielded Twisted Pair (UTP)
kabel twisted pair datang dalam dua varietas: terlindung dan unshielded.. Unshielded twisted pair (UTP) adalah yang paling populer dan umumnya pilihan terbaik untuk jaringan sekolah (Lihat gbr. 1).
 




Fig.1. Gambar 1. Unshielded twisted pair Unshielded twisted pair
Kualitas UTP dapat bervariasi dari kelas kawat telepon untuk kabel berkecepatan sangat tinggi. Kabel ini memiliki empat pasang kawat di dalam jaket. Setiap pasangan twisted dengan nomor yang berbeda liku per inci untuk membantu menghilangkan gangguan dari pasangan yang berdekatan dan perangkat listrik lain. Semakin ketat memutar, semakin tinggi didukung transmisi rate dan semakin besar biaya per kaki /. The EIA TIA (Electronic Industry Association / Telecommunication Industry Association) telah menetapkan standar UTP dan peringkat enam kategori kawat (kategori tambahan yang muncul).
Kategori Unshielded Twisted Pair

Kategori
Kecepatan
Gunakan
1
1 Mbps
Hanya suara (Wire Telepon)
2
4 Mbps
LocalTalk & Telepon (Jarang digunakan)
3
16 Mbps
10BaseT Ethernet
4
20 Mbps
Token Ring (Jarang digunakan)
5
100 Mbps(2 Pasang)
1000 Mbps(4 Pasang)
100BaseT Ethernet
Gigabit Ethernet Gigabit Ethernet
5e
1.000 Mbps
Gigabit Ethernet
6
10.000 Mbps
Gigabit Ethernet

Konektor Unshielded Twisted Pair
Konektor standar untuk unshielded twisted pair adalah konektor RJ-45). Ini adalah plastik konektor yang terlihat seperti gaya besar telepon-konektor (Lihat gbr. 2. A slot allows the RJ-45 to be inserted only one way. slot A memungkinkan RJ-45 yang akan dimasukkan hanya satu cara. RJ singkatan dari Registered Jack, menyiratkan bahwa konektor mengikuti standar yang dipinjam dari industri telepon. Standar ini menetapkan yang kawat berjalan dengan masing-masing pin dalam konektor.




Fig. Gambar. 2. 2. RJ-45 connector Konektor RJ-45
PERBEDAAN KABEL JENIS CROSS DAN STRAIGHT
1.Kabel Straight

Kabel Straight digunakan pada saat ingin menghubungkan antara computer dan hub ataupun sebaliknya.Dengan kata lain metode ini digunakan ketika kita akan menghubungkan 2 komputer ataupun lebih,tapi melalui perantara seperti hub ataupun switch.Sebenarnya susunan kabel straight tidak harus persis seperti dibawah ini, susunanya warna
2.Kabel Cross

Kabel cross digunakan pada saat kita mau menyambungkan computer ke computer laen,atau kabel ini ini digunakan kalau kita mau menghubungkan 2 komputer atau hub ke hub, dengan kata lain kabel cross di gunakan untuk menyambungkan dua perangkat jaringan yang sama.perbedaan kabel cross dari kabel straight cuma terletak dari kabel nomer 1 dan 3 dan 2 dan 6, kita tinggal menukar saja kedua kabel itu.
Cara cepat menghapalnya adalah cukup mengingat OBIC yang artinya Orange, Biru, Ijo, Coklat. Tetapi anda harus menambahkannya dengan warna putih sebelum OBIC di urutkan. Khusus warna biru anda harus merubahnya dengan warna putih hijau bukan putih biru.
Sedangkan untuk kabel Cross anda cukup mengubah urutan 1 pindah ke 3, urutan 2 pindah ke 6 atau dengan kata lain 1-3, 2-6 dari urutan kabel straight. Untuk kabel Cross Ujung A urutannya kabel Straight dan Ujung B dirubah jadi 1-3, 2-6.



UTP STRAIGHT
UTP CROSS
PIN 1
Putih Orange
Putih Hijau
PIN 2
Orange
Hijau
PIN 3
Putih Hijau
Putih orange
Pin 4
Biru
Biru
Pin 5
Putih Biru
Putih Biru
Pin 6
Hijau
Orange
Pin 7
Putih Coklat
Putih Coklat
Pin 8
Coklat
Coklat
 



UTP Straight                                                                        
Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut :
  1. Menghubungkan antara computer dengan switch
  2. Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
  3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
  4. Menghubungkan switch ke router
  5. Menghubungkan hub ke router
 



UTP Cross
Kabel cross over
Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan
ujung dua. Kabel cross over  digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalah
susunan standar kabel cross over.





Contoh penggunaan kabel cross over adalah sebagai berikut :
  1. Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  2. Menghubungkan 2 buah switch
  3. Menghubungkan 2 buah hub
  4. Menghubungkan switch dengan hub
  5. Menghubungkan komputer dengan router
Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6.

Membuat kabel Straight dan Cross Over
Untuk membuat sebuah kabel jaringan menggunakan kabel UTP ini terdapat beberapa peralatan yang perlu kita siapkan, yaitu kabel UTP,  Connector RJ-45, Crimping tools dan RJ-45 LAN Tester, contoh gambarnya seperti dibawah ini:

Praktek membuat kabel Straight
  1. Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm
  2. Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
  3. Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
  4. Masukan kabel  yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
  5. Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada  konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel.
  6. Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
  7. Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
  8. Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).



Straight Dan Cross – Nampaknya isitilah Straight Dan Cross ini sudah tidak asing lagi bagi para praktisi jaringan yang selalu berhubungan dengan kabel RJ dan LAN,Namun masih ada beberapa yang belum mengerti apa itu arti dari Straight Dan Cross pada jaringan..
Mari kita pelajari apa itu Straight Dan Cross pada jaringan, berikut saya akan menjelaskan perbedaan – perbedaan pada Straight Dan Cross.
Kabel Straight
Kabel straight adalah istilah untuk kabel yang menggunakan standar yang sama pada kedua ujung kabelnya, bisa EIA/TIA 568A atau EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabel. Sederhananya, urutan warna pada kedua ujung kabel sama. Pada kabel straight, pin 1 di salah satu ujung kabel terhubung ke pin 1 pada ujung lainnya, pin 2 terhubung ke pin 2 di ujung lainnya, dan seterusnya.
Jadi, ketika PC mengirim data pada pin 1 dan 2 lewat kabel straight ke Switch, Switch menerima data pada pin 1 dan 2. Nah, karena pin 1 dan 2 pada switch tidak akan digunakan untuk mengirim data sebagaimana halnya pin 1 dan 2 pada PC, maka Switch
menggunakan pin 3 dan 6 untuk mengirim data ke PC, karena PC menerima data pada pin 3 dan
Kabel crossover
Kabel crossover menggunakan EIA/TIA 568A pada salah satu ujung kabelnya dan EIA/TIA 568B pada ujung kabel lainnya.
Untuk mengenali sebuah kabel apakah crossover ataupun straight adalah dengan hanya melihat salah satu ujung kabel. Jika urutan warna kabel pada pin 1 adalah Putih Hijau, maka kabel tersebut adalah kabel crossover (padahal jika ujung yang satunya lagi juga memiliki urutan warna yang sama yaitu Putih Hijau sebagai pin 1, maka kabel tersebut adalah kabel Straight). Tapi untungnya, kebanyakan kabel menggunakan standar EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabelnya.













BAB II
Langkah setting kabel lan untuk mengkoneksikan / menghubungkan pc ke pc atau menghubungkan 2 komputer tanpa menggunakan hub:

1. Siapkan kabel lan yang panjangnya secukupnya untuk share pc to pc, Tang Crimping, RJ45
2. Potong kulit kabel hingga keliatan seluruh warna
3. Lalu atur warna dengan model Cross : ( PutihOrange Orange PutihHijau Biru PutihBiru Hijau PutihCokelat Cokelat ) – ( PutihHijau Hijau PutihOrange Biru PuihBiru Orange PutihCokelat Cokelat )
4. Lalu ratakan seluruh sisi setelah disusun
, Jepit kabel dengan kepala RJ45
Setelah kabel sudah siap maka, atur Operating System (Penulis memakai Windows Sp2 Bajakan). Langkah untuk setting windowsnya :

1. Pilih Control Panel - Network Connections -; Set up home or small office network
2. Terbuka windows, Trus pilih Next2 aja, anda tinggal atur Workgoup ( Nama Workgroup harus sama di pc yang akan saling berhubungan ). Settingan lain seperti nama komputer ( bebas ), printer akan dishare atau tidak.
3. Atur IP kedua komputer, Pilih Control Panel -; Network Connections - Local Area Network (yang terkonkesi) Klik kanan di Local Area Network pilih Status - Properties -; Internet Protocol (TCP/IP) - Properties. anda diusahakan menggunakan IP pada kelas yang sama. Cth : IP PC 1 : 192.168.0.1 Subnetmask : 255.255.255.0 – IP PC 2 : 192.168.0.2 Subnetmask : 255.255.255.0
4. Agar Windows XP bisa melakasanakan perubahan tadi, maka anda harus Restart Windows XP
Setting Alamat IP (IP Address)
Buka menu Control Panel Windows anda (Start > Control Panel). Lalu pilih icon Network Connections. Setelah itu pilih Local Area Connection (klik-kanan > Properties). Lalu pilih Internet Protocol (TCP/IP), dan tekan tombol Properties.

Di bagian IP Address, masukkan: 192.168.1.1. Lalu tekan TAB, otomatis Subnet Mask akan berisi 255.255.255.0. Sedangkan untuk komputer pasangannya, berikan IP Address 192.168.1.2. IP Address yang berada dalam range 192.168.0.0 – 192.168.255.255 umum digunakan dalam private network atau Local Area Network (LAN). Jadi, anda bisa saja memberikan alamat 192.168.2.1 dan 192.168.2.10 pada dua komputer yang anda hubungkan. Asalkan masih dalam satu segmen, maka masih bisa saling mengenal. Untuk mengetahui apakah komputer berada dalam satu segmen – bisa dilihat dari 3 angka awal diantara titik (192.168.2). Sehingga anda tidak boleh memberikan alamat yang berbeda segmen, misal 192.168.1.1 dengan 192.168.2.2. Pada jaringan yang besar, dimana terdapat beberapa segmen jaringan, dibutuhkan sebuah router untuk menjembatani antar segmen sehingga bisa saling berhubungan.
Berbagi file (File sharing)
Misalkan komputer dengan nama (hostname) SBY dan IP Address 192.168.1.1 memiliki sebuah folder bernama DATA yang berisi kumpulan MP3 dan dokumen Word dan Excel, hendak dibagi pakai dengan komputer BOEDIONO (IP Address 192.168.1.2), maka langkah-langkahnya adalah:
  1. Di komputer SBY, masuk ke My Computer atau Windows Explorer
  2. Cari folder bernama DATA, lalu klik kanan di folder tersebut
  3. Pilih Sharing and Security
  4. Jika muncul kotak dialog Network sharing and security, maka klik tulisan “If you understand the security risks… bla.. bla.. bla..” lalu pilih “Just enable file sharing”
  5. Klik “Share this folder on the network”
  6. Beri nama (share name), misal: DATA
  7. Klik tombol OK. Selesai.














KESIMPULAN
  • BAB 1 (PENGKABELAN)
Kabel medium melalui mana informasi biasanya bergerak dari satu perangkat jaringan ke yang lain. Ada beberapa jenis kabel yang umum digunakan dengan LAN. Dalam beberapa kasus, jaringan akan menggunakan hanya satu jenis kabel, jaringan lain akan menggunakan berbagai jenis kabel. Jenis kabel dipilih untuk jaringan berhubungan dengan jaringan topologi, protokol, dan ukuran. Memahami karakteristik berbagai jenis kabel dan bagaimana mereka berhubungan dengan aspek-aspek lain dari suatu jaringan diperlukan untuk pengembangan jaringan yang sukses.
  • BAB 2 (JARINGAN INTERNET)
Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia.



ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق